MENU

~~ Welcome to My Blog and Thank You for Your Visit ~~

Sunday, March 24, 2019

MAKANAN KHAS RIAU


Gulai Ikan Patin

Tahukah Anda jika provinsi Riau ini terkenal dengan gulai ikan patinnya. Nah tentu saja gulai yang satu ini sangat cocok untuk Anda nikmati bersama keluarga Anda, baik itu untuk santap siang Anda dan juga santap malam. Gulai ikan patin ini merupakan makanan khas Riau yang sudah sangat terkenal akan kelezatannya. 





Ikan Baung Asam Pedas

Makanan khas Riau lainnya yang juga berbahan dasar ikan dan juga patut untuk Anda cicipi adalah ikan baung asam pedas. Bagi Anda yang tidak suka kuah yang begitu kental maka Anda tidaklah perlu khawatir karena Anda bisa mencicipi ikan baung ini.Ikan ini diolah dengan menggunakan rempah- rempah khusus yang menambah cita rasa ikan baung menjadi sangatlah nikmat.
Tahukah Anda jika rasa asam yang digunakan untuk makanan khas Riau yang satu ini adalah dengan menggunakan air asam jawa atau sebagian juga menggunakan asam kandis yang biasanya digunakan untuk merendam ikan yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. 

Nasi Lemak

Apakah Anda pernah mendengar nasi lemak? Ya dari Provinsi Riau lah nasi lemak ini berasal. Selain itu makanan khas Riau yang satu ini juga bisa dengan mudah Anda temukan di negara Malaysia, Brunai Darussalam., dan juga Singapura.
Nasi yang satu ini sangatlah cocok sebagai menu sarapan Anda dipagi hari. Nasi ini juga sangat gurih, hal ini karena nasi lemak ini dimasak dengan menggunakan santan dan juga menggunakan daun pandan sebagai penambah aroma harum nasi ini.


Miso

Masih banyak lagi makanan khas Riau yang bisa untuk Anda cicipi.Nah bagi Anda yang pencinta segala jenis mie, maka Anda wajib mencoba makanan yang satu ini yaitu miso. Tahukah Anda jika miso ini merupakan makanan yang terbuat dari olahan tepung yang menjadi mie kuning dan juga mie putih.
Selain ini miso ini juga memiliki kuah yang sangat segar dan juga gurih, yang juga dilengkapi dengan beberapa pelengkap seperti ayam yang disuwir- suwir, tahu kering, kerupuk kulit ayam dan juga dilengkapi dengan tulang ayam serta sayuran sawi yang sudah direbus.


Sop dan Sate Rusa

  
Makanan khas Riau lainnya yang bisa untuk Anda coba adalah sop dan juga sekaligus sate rusa. Jika biasanya Anda mencicipi sate daging sapi atau juga sate ayam, maka tidak ada salahnya bukan mencoba sate rusa.

Daging rusak yang empuk memiliki sensasi rasa tersendiri ketika Anda menyantapnya apalagi jika diolah dengan menggunakan bahan- bahan dan juga bumbu rempah- rempah yang khas.

Rasa daging rusa yang manis sangat cocok oleh dinikmati oleh orang dengan berbagai gologan usia. Selain sate, maka Anda juga bisa memesan sop rusa yang sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai teman nasi putih hangat Anda terutama saat cuaca sedang mendung- mendungnya.






Sop Tunjang
makanan khas Riau yang satu ini sangatlah cocok untuk Anda nikmati bersama keluarga tercinta Anda, yaitu sop tunjang. Tahukah Anda jika sop tunjang ini merupakan sop yang terbuat dari tulang yang juga memiliki kuah yang sangat gurih dan juga sangat khas.
Biasanya tulang yang digunakan untuk membuat sop tunjang ini adalah tulang kaki sapi yang masih segar namun tulang tersebut masih memiliki beberapa daging yang sengaja dibiarkan tersisa. Daging pada tulang kakinya juga sangatlah lembut dan empuk karena direndam terlebih dahulu dengan rempah- rempah.


Mie Sagu

Ada olahan mie yang sangat unik dan juga kreatif dari provinsi Riau ini. Jika biasanya Anda menikmati mie yang terbuat dari tepung terigu, maka berbeda halnya dengan di Riau ini, karena Anda juga bisa menikmati dan juga mencicipi mie yang terbuat dari olahan tepung sagu.
Makanan khas Riau yang satu ini menjadi makanan yang sering sekali diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Riau. Bagi Anda yang sedang dalam program diet maka mie yang satu ini cocok sekali untuk Anda coba




Roti Jala

Makanan khas Riau lainnya yang juga terbuat dari olahan tepung terigu adalah roti jala. Roti ini sangatlah nikmat jika Anda santap pada sore hari sebagai cemilan Anda bersama keluarga. Tahukah Anda jika pada awalnya roti jala ini hanya dihidangkan pada saat acara- acara pesta saja.
Namun sekarang Anda bisa dengan mudah untuk menemuinya disetiap sudut kota Riau. Roti ini biasanya dilengkapi dengan kuah berupa kuah kari baik kari daging sapi maupun kari ayam, kambing. Selain kuah kari tersebut maka Anda juga bisa menikmati makanan khas Riau yang satu ini dengan siraman saus atau juga kuah durian.


 Ikan Selais Asap

Ternyata ada banyak makanan khas Riau yang menggunakan olahan ikan. Beberapa diantaranya adalah ikan selais ini. Nah ikan selain ini biasanya di lakukan proses pengasapan terlebih dahulu, sehingga nantinya Anda bisa memcicipi berbagai olahan ikan selais ini seperti dipindang ataupun digulai.Ikan ini memiliki cita rasa yang sangat khas, karena melalui proses pengasapan selama delapan jam lamanya sehingga teksturnya juga sangatlah renyah ketika Anda santap. Selain sudah diolah berbentuk makanan yang bisa langsung Anda santap, maka ikan selais ini juga bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh tahan lama.