MENU

~~ Welcome to My Blog and Thank You for Your Visit ~~

Saturday, March 23, 2019

MENGATASI KAKI KRAM


BERBAGAI CARA MENGATASI KRAM KAKI DENGAN ALAMI

Saat kaki kram, segera lakukan cara mengatasi kram kaki berikut ini.

1. Peregangan (stretching)
Segera hentikan segala aktivitas yang membuat kaki Anda kram. Lakukan stretching atau peregangan ringan untuk membantu meredakan sensasi kram di kaki.
Luruskan kaki dan tarik jari-jari kaki ke arah lutut untuk meregangkan otot betis. Anda juga bisa berjalan jinjit atau memijat otot-otot kaki setelah selesai melakukan peregangan dan kram mereda.

2. Kompres hangat
Dikutip dari Heathline, suhu panas dapat membantu meredakan kaki kram. Anda bisa memanfaatkannya dengan merendam kaki ke air hangat, mengompres handuk yang dicelupkan ke air hangat, atau menempelkan bantal pemanas ke bagian kaki yang kram.
Atur suhu panas dan tingkatkan secara perlahan jika kaki masih terasa kram. Lama-lama, sensasi kram pada kaki Anda akan berkurang.

3. Banyak minum air putih
Begitu kram kaki menyerang, segera perbanyak minum air putih. Kondisi dehidrasi dapat membuat otot-otot kaki kekurangan oksigen sehingga memicu kram.
Cara ini memang tidak langsung membuat kaki kram Anda mereda. Namun, ini setidaknya dapat membantu mengurangi nyeri dan membuat Anda lebih nyaman.

4. Konsumsi makanan sumber magnesium
Saat Anda mengalami kram kaki, bisa jadi Anda kekurangan asupan elektrolit berupa magnesium. Makanan sumber magnesium seperti kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu menjaga kekuatan dan kelenturan otot Anda.
Bila disertai dengan banyak minum air putih atau minuman elektrolit lainnya, tubuh akan lebih cepat memproses magnesium tadi. Alhasil, kram kaki cepat hilang dan Anda bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.

5. Berjalan
Saat kaki terasa kram, Anda mungkin langsung memilih untuk meluruskan kaki dan istirahat. Mengapa tidak Anda coba untuk berjalan kaki?
Berjalan kaki ternyata dapat membantu meringankan kram kaki, lho. Dengan berjalan, tubuh justru akan mengirimkan sinyal ke otot-otot kaki yang tegang supaya rileks sejenak. Cukup berjalan kaki pelan-pelan sampai nyerinya berkurang.